HUBUNGAN STUNTING DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA (3-5 TAHUN) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUNGAI PIRING KABUPATEN INDRAGIRI HILIR TAHUN 2019
DOI:
https://doi.org/10.55541/emj.v2i2.98Abstract
Perkembangan anak adalah segala perubahan yang terjadi pada diri anak yang meliputi seluruh perubahan fisik, motorik, kemampuan bahasa dan bicara, sosial dan kemandirian anak1. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan stunting dengan perkembangan anak balita usia (3-5 tahun) diwilayah kerja Puskesmas Sungai Piring, Kabupaten Indragiri Hilir Tahun 2019. Analisis data secara univariat, bivariat (Chi Square) dan multivariat dangan menggunkan uji Cox Regression. Waktu penelitian April-Juni 2019. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain Analytic Cross Sectional. Pengambilan sampel Systematic random sampling dari 396 populasi dan sampel 220 anak balita usia 3-5 tahun. Hasil penelitian menunjukkan Proporsi perkembangan anak tidak normal pada anak balita yaitu (10,9%), proporsi kejadian stunting pada anak balita yaitu (13,6%), anak stunting lebih berhubungan dengan perkembangan anak yaitu (POR=4,6; 95% CI ;POR= 1,903-11,479) Dikontrol dengan variabel confounding yaitu Peran Ayah, kelengkapan ANC, pola makan, stimulasi perkembangan anak, air bersih dan keikutsertaan paud. Kepada orang tua yang mempunyai anak balita khususnya yang stunting lebih memperhatikan perkembangan anaknya dan memberikan stimulasi kasih sayang kepada anak. Pihak puskesmas dan jaringannya serta petugas lintas sektor dapat melakukan upaya pembinaan tumbuh kembang anak yang komprehensif, berkualitas dan berkelanjutan sesuai dengan kebutuhan anak.
Kata Kunci       : Perkembangan Anak, Stunting, Wilayah Kerja Puskesmas Sungai Piring
References
Achadi, E, L. (2014) Presentasi Periode Kritis 1000 Hari Pertama Kehidupan dan Dampak Jangka Panjang Terhadap Kesehatan dan Fungsinya. Yogyakarta: PERSAGI. http://file.persagi.org/share/Endang%20L%20Achadi.pdf
Faradiba, E. (2012) Hubungan antara pola makan dengan status gizi pada anak usia prasekolah diwilayah puskesmas samata kabupaten Gowa. Universitas islam negeri alauddin, makassar. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4872/1/FARADIBA%20E.pdf
Ficher, T. Amatus, Y, I. Wico, S. (2015) Hubungan Sanitasi Lingkungan Dengan Kejadian Diare Pada Anak Usia Sekolah Di Wilayah Kerja Puskesmas Bahu Manado. UniversitasSamRatulangi.https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/article/download/8035/7596
Hastuti, D., Alfiasari., & Chandriyani. (2010) Nilai anak, stimulasi Psikososial, dan perkembangan kognitif Anak usia 2-5 tahun pada keluarga rawan pangan di kabupaten banjarnegara, jawa tengah, jurnal Ilmu kesehatan dan konseling. http://journal.ipb.ac.id/index.php/jikk/article/view/5181
Latifah E., Dwi H., & Melly L. (2010) pengaruh pemberian ASI dan Stimulasi psikososial terhadap perkembangan soaial-ekonomi anak balita pada keluarga ibu bekerja dan tidak bekerja, jurnal ilmu keluarga dan konseling. http://journal.ipb.ac.id/index.php/jikk/article/view/5182
Mitra. (2015). Manajemen Dan Analisis Data Pada Penelitian Kesehatan. STIKes Hang Tuah Pekanbaru
Nurbaeti T, S. (2016) Hubungan Derajat Stunting dengan perkembangan Motorik Halus Anak Usia 12-24 bulan’, 1(4), pp. 11-15.
Pantaleon, M. G., Hadi, H. And Gamayanti, I. L. (2015) Hubungan Status Gizi Dengan Perkembangan Anak Usia 1 Sampai 5 Tahun Kelurahan Tidar Utara, Kota Magelang.
Probosiswi, H. (2017). Stuting dan Perkembangan Anak Usia 12-60 Bulan Di Kalasan. Journal Of Community Medicine and Public Health. Journal Homepage:Journal.ugm.ac.is/bkmhttps://media.neliti.com/media/publications/197241-ID-none.pdf
Riskesdas (2018) Laporan Hasil Utama Riset Kesehatan Dasar. http://www.depkes.go.id/resources/download/infoterkini/materi_rakorpop_2018/Hasil%20Riskesdas%202018.pdf
Rosady, N, (2013). Hubungan Status Gizi Dengan Perkembangan Motorik Pada Anak Usia Dini (5 Tahun) https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kesehatan-olahraga/article/download/2358/5513
Sepitri, E. Yudiernawati, A. Maemunah, N. (2018) Hubungan kemampuan pemberian stimulasi dengan pemberian motorik halus pada anak prasekolah usia (3-6 tahun) di TK Asyiyah Busnatul aftal (ABA), Malang. https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/download/755/596
Soetjiningsih. (2014). Tumbuh Kembang Anak Edisi 2. Jakarta: EGC, 2013.
Werdiningsih & Astarani. (2012) peran ibu dalam pemenuhan kebutuhan dasar anak terhadap perkembangan anak usia prasekolah. Jurnal stikes. https://media.neliti.com/media/publications/210193-none.pdf