PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG CUCI TANGAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN CUCI TANGAN SISWA/I KELAS V DI SD NEGERI 060971 KEMENANGAN TANI KEC. MEDAN TUNTUNGAN TAHUN 2018
DOI:
https://doi.org/10.55541/emj.v2i1.71Abstract
Masa usia sekolah merupakan masa dimana anak mulai mendapatkan pembelajaran atau keterampilan, anak akan mudah menerima dan mendapatkan pembelajaran atau keterampilan yang dimiliki anak masih sedikit daripada orang dewasa. Dalam aktivitas sehari hari tangan seringkali terkontaminasi dengan mikroba, sehingga tangan dapat menjadi perantara masuknya mikroba kedalam tubuh. Salah satu dasar untuk melatih dan menerapkan perilaku sehat pada anak yaitu dengan diajarkan cara mencuci tangan yang benar. Pembelajaran cuci tangan dengan benar pada anak dapat diajarkan sedini mungkin karna membuat kemampuan dan ketahanan anak semakin baik dan anak dapat menjaga atau merawat dirinya sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang cuci tangan terhadap tingkat pengetahuan cuci tangan siswa/I kelas V di SD Negeri06097KemenanganTaniKec.Medan Tuntungantahun 2018.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi Ekperiment. Dengan desain One Grup Pretest dan Posttest populasi dalam penelitian ini sebanyak 38 orang, sedangkan sampel yang diambil dengan menggunakan teknik total sampling yaitu sebanyak 38 orang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pendidikan kesehatan tentang cuci tangan terhadap tingkat pengetahuan cuci tangan siswa/I kelas V sebelum dan setelah melakukan intervensi yang diperoleh dari hasil ujistatistik Wilcoxon Signed Ranks Test dengan nilai signifikan 0.00 < Â 0.05. Diharapkan setiap pihak sekolah dapat meningkatkan program penyuluhan kepada siswa/i terutama bagi anak SD yang belum mengetahui cara cuci tangan yang benar agar mengurangi resiko penyebab penyakit pada siswa/i tersebut.