STRATEGI PEMBELAJARAN MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA MAHASISWA KEPERAWATAN: TINJAUAN LITERATUR SISTEMATIS

Authors

  • Roy Wilson Sihaloho Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Darmo
  • Ristika Julianty Singarimbun Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Darmo, Medan
  • Siska M.O Napitupulu Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Darmo, Medan
  • Reny Juliana Sihombing Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Darmo, Medan
  • Fridella Grace Natalia Tarigan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Darmo, Medan

Abstract

Pendahuluan: berfikir kritis merupakan elemen fundamental pada pendidikan keperawatan yang dapat menyebabkan mahasiswa akan lebih siap untuk berfikir dan belajar secara mandiri sebagai konsep pembelajaran berpusat pada mahasiswa (students centered learning).  Berbagai pendekatan seperti pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning), konsep pemetaan (concept mapping), pembelajaran berbasis kasus (case studies), pembelajaran kolaboratif, pembelajaran berbasis simulasi serta diskusi refleksif terpadu dapat meningkatkan keterampilan berfikir kritis. Tujuan tinjauan literatur sistemik ini adalah untuk menginvestigasi strategi pembelajaran terhadap kemampuan berfikir kritis pada mahasiswa keperawatan.

Desain: review sistematik literatur.

Metode: penelusuran artikel melalui database elektronik (Science Direct, ProQuest, Google Scholar dan Ebsco). Artikel yang ditelusuri dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia antara tahun 2020 – 2025. Proses review artikel menggunakan protokol PRISMA.

Hasil: sebanyak 638 artikel telah diidentifikasi dari database elektronik. Sekitar 633 artikel telah diekslusi karena artikel dengan judul yang sama, tidak fulltext dan tidak memuat kata kunci sehingga hanya 5 artikel digunakan untuk direview, tinjauan literatur difokuskan kepada strategi pembelajaran dan kemampuan berfikir kritis pada mahasiswa keperawatan.

Kesimpulan: review literatur ini menyatakan strategi pembelajaran berbasis konsep mapping, simulasi, ulfolding case-studies, pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran berbasis kolaborasi dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis pad amahasiswa keperawatan.

 

Kata Kunci: strategi pembelajaran, berfikir kritis, mahasiswa keperawatan

Downloads

Published

2025-02-18