HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN TINDAKAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) SISWA/SISWI SD AR RAHMAN MEDAN HELVETIA
Abstract
Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di sekolah adalah sekumpulan perilaku yang dipraktikkan oleh peserta didik, guru, dan masyarakat lingkungan sekolah atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, sehingga secara mandiri mampu mencegah penyakit, meningkatkan kesehatannya, serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengientifikasi hubungan pengetahuan dengan tindakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) siswa/siswi SD Ar Rahman kelas IV dan V Medan Helvetia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain korelasi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas IV dan V di SD Ar Rahman Medan Helvetia. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa-siswi kelas IV dan V di SD Ar Rahman sebanyak 40 orang responden, dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Pengetahuan pada responden mayoritas memiliki pengetahuan dalam kategori cukup dan kurang masing - masing sebanyak 16 responden (40%) dan pengetahuan katagori baik 8 orang (20%) Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) mayoritas responden dengan kategori tidak baik sebanyak 22 responden (55%) dan katagori baik 18 orang (45%). Ada hubungan pengetahuan dengan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) (p=0,000<0,05) dengan korelasi antar variabel adalah 0,000 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Diharapkan sekolah dapat mengembangkan strategi dan program Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) agar dapat menciptakan linkungan yang sehat di sekolah.
Kata Kunci: Pengetahuan, tindakan , Perilaku, Hidup Bersih, Sehat