HAMBATAN DAN TANTANGAN PENDIDIKAN KEBIDANAN DI ERA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Rina Puspita Kebidanan STIK Siti Khadijah

DOI:

https://doi.org/10.55541/emj.v5i1.202

Abstract

Seperti halnya semua sektor pendidikan, pendidikan  kebidanan sangat terpengaruh oleh aturan lockdown yang diberlakukan oleh pemerintah. Terlepas dari pandemi COVID-19, semua mahasiswa  kebidanan diharapkan untuk memperoleh kompetensi kebidanan profesional, Sekolah dihadapkan pada dilema bagaimana memastikan bahwa mahasiswa kebidanan mereka mendapatkan pengalaman klinis perawatan pasien yang diperlukan untuk memenuhi syarat sebagai bidan. Di era digitalisasi ini pengajaran mereka melalui platform online menjadi satu-satunya pilihan kuliah dari rumah. Bagi beberapa dosen, ini merupakan tantangan besar, sementara  bagi dosen yang lain yang sudah terpapar digitalisasi dapat menggunakan platform online media pembelajaran dengan mudah, dengan demikian, perubahan yang disebabkan oleh COVID-19 berdampak pada digitalisasi pendidikan kebidanan. Sementara perkembangan positif pada pembelajaran jarak jauh dapat dicapai,  Pengajaran keterampilan kebidanan khusus pada masa new normal tetap menjadi tantangan yang jelas. Universitas-universitas mulai dibuka kembali di seluruh dunia dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana memberikan pendidikan kebidanan dengan terus menjaga jarak. Kebutuhan akan alat pelindung diri untuk staf dan mahasiswa kebidanan karena harus terus  menjaga jarak selama praktik kebidanan. Enam juta pekerjaan keperawatan baru dibutuhkan di seluruh dunia pada tahun 2030. Pandemi COVID-19 telah mengancam ketersedian tenaga bidan dan perawat.  Banyak dari tantangan ini masih ada di depan kita. Namun, meskipun pandemi, seperti biasa, pendidik kebidanan akan melakukan yang terbaik untuk menjamin bahwa kompetensi yang dibutuhkan dan keterampilan yang diperoleh akan dicapai pada tingkat yang sama seperti sebelumnya.

References

Adnani QES, O'Connell MA, Homer CSE. Advocating for midwives in low-tomiddle income countries in the COVID-19 pandemic. Women Birth. 2021. doi:10.1016/j.wombi.2021.08.006

Adnani QES. How can midwifery education in Indonesia be strengthened?. Doctoral thesis. Auckland University of Technology; 2020. Accessed September 22, 2021. https://openrepository.aut.ac.nz/bitstream/handle/10292/13409/ Final%20thesis%20Qorinah%20Estiningtyas%20Sakilah%20Adnani.pdf

Ahmed, H., Allaf, M., Elghazaly, H., 2020. COVID-19 and medical education. Lancet Infect. Dis. 1. doi:10.1016/S1473-3099(20)30226-7.

Antonakou, A., 2020. The latest update on the effects of COVID-19 infection in pregnancy. Eur. J. Midwifery 4 (April). doi:10.18332/ejm/120973.

Bick, D., 2020. COVID-19: 2020 is the International Year of the Midwife. Midwifery 85, 102719. doi:10.1016/j.midw.2020.102719.

Directive 2005/36/EC, European Parliament and of the Council of 7 September 2005 on the recognition of professional qualifications (2005). Retrieved from https://eur-lex.europa.eu/legal-content/EN/TXT/?uri=celex%3A32005L0036 doi:10.1001/jama.2020.5227.

Fleming, V., Pehlke-Milde, J., Davies, S., Zaksek, T., 2011. Developing and validating scenarios to compare midwives’ knowledge and skills with the International Confed- eration of Midwives’ essential competencies in four European countries. Midwifery 27, 854–860. doi:10.1016/j.midw.2010.09.003.

Furuta, M., 2020. 2020 International Year of Midwifery-In the midst of a pandemic. Mid- wifery, 102739 doi:10.1016/j.midw.2020.102739.

Health Education England, Letter from Michael Farrell to Universities on student place- ments (2020). https://www.ugent.be/nl/actueel/studerentijdenscorona.htm

International Confederation of Midwives, Global Standards for Midwifery Ed- ucation (2013). Retrieved from https://www.internationalmidwives.org/ assets/files/general-files/2018/04/icm-standards-guidelines_ammended2013.pdf

Luyben A, Fleming V, Vermeulen J. Midwifery education in COVID-19- time: Challenges and opportunities. Midwifery. 2020 Oct;89:102776. doi: 10.1016/j.midw.2020.102776. Epub 2020 Jun 1. PMID: 32526596; PMCID: PMC7263260.

Rose, S., 2020. Nursing and Midwifery Council, Letter for Lead Midwives for Education (2020).

Medical student education in the time of COVID-19. JAMA doi:10.1001/jama.2020.5227.

Puspita R. COVID-19 In Pregnant Women And Their Newborns: A Review. Excellent Midwifery Journal. 2020 Nov 5;3(2):46-52.

Requejo J, Victora C, Bryce J, et al. A Decade of Tracking Progress for Maternal, Newborn and Child Survival: The 2015 Report. UNICEF and World Health Organization; 2015. Accessed September 22, 2021. http://www. countdown2015mnch.org/documents/2015Report/Countdown_to_2015-A_Decade_of_Tracking_Progress_for_ Maternal_Newborn_and_Child_Survival-The2015Report-Conference_Draft.pdf

Rosdiana M, Puspita R. Perbedaan Jumlah Akseptor KB Hormonal pada Masa Sebelum Pandemi, Pandemi dan New Normal COVID-19 di RB Citra Palembang. Indonesian Journal of Midwifery (IJM). 2022 Mar 3;5(1):19-28.

The Council of the European Union, Council Recommendation of 22 May 2017 on the Eu- ropean Qualifications Framework for lifelong learning and repealing the recommenda- tion of the European Parliament and of the Council of 23 April 2008 on the establish- ment of the European Qualifications Framework for lifelong learning(2017/C 189/03) (2017). Retrieved from https://ec.europa.eu/ploteus/sites/eac-eqf/files/en.pdf

University Ghent, Studeren is de tijd van je leven! Ook tijdens Corona? [Study- ing is the time of your life! Also during Corona?] (2020). Retrieved from https://www.ugent.be/nl/actueel/studerentijdenscorona.htm

Vermeulen, J., Luyben, A., Jokinen, M., Matintupa, E., O’Connell, R., Bick, D., 2018. Establishing a Europe-wide foundation for high quality midwifery education: the role of the European Midwives Association (EMA). Midwifery 64, 128–131. doi:10.1016/j.midw.2018.06.009.

Vivilaki VG, Asimaki E. Respectful midwifery care during the COVID-19 pandemic. Eur J Midwifery. 2020;4(8):1-2. doi:10.18332/ejm/120070

Î¥ou D, Bastian P, Wu J, Wardlaw T. Levels & Trends in Child Mortality, Report 2013. UNICEF; 2013. Accessed September 22, 2021. https://www.who.int/maternal_child_adolescent/documents/levels_trends_child_mortality_2013.pdf

Downloads

Published

2022-08-06

Issue

Section

Articles