TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI UPTD PUSKESMAS MUTIARA TAHUN 2019

Authors

DOI:

https://doi.org/10.55541/emj.v3i2.127

Abstract

Kesehatan merupakan hak dari setiap insan manusia dan merupakan komponen kesejahteraan yang harus diwujudkan sesuai dengan amanat UUD 1945. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut, diperlukan peningkatan dan pemerataan pelayanan kesehatan yang aman, bermutu, dan terjangkau, salah satunya pada puskesmas sebagai ujung tombak dalam sistem pelayanan kesehatan di Indonesia. Kepuasan pasien berhubungan erat dengan tingkat kunjungan kembali pasien sehingga dapat digunakan sebagai salah satu indikator utama dalam menilai kualitas pelayanan kesehatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain cross-sectional study yang bertujuan untuk menilai tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan, sehingga dapat menjadi bahan evaluasi bagi pihak puskesmas. Variabel pada penelitian ini meliputi dimensi mutu pelayanan kesehatan yang terdiri dari aspek keandalan, ketanggapan, jaminan, empati, dan berwujud. Populasi pada penelitian ini merupakan pasien yang berkunjung ke Puskesmas Mutiara pada bulan Januari dan Februari 2019. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner yang berisi 25 pertanyaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh 57 responden. Hasil penelitian berupa skor penilaian pasien dianalisis dan dikelompokkan sesuai tingkatannya sehingga diperoleh tingkat kepuasan pada aspek keandalan 81,75%, ketanggapan 81,92%, jaminan 82,01%, empati 80,52% dan berwujud 77,77% dengan tingkat kepuasan secara keseluruhan 80,79% yang termasuk dalam kategori puas.

Kata kunci: Pelayanan Kesehatan, Puskesmas, Tingkat Kepuasan

References

Tanan L., Indar dan Darmawansyah. Analisis Tingkat Kepuasan Pasien di Puskesmas Bara Permai Kota Palopo. Jurnal AKK. 2013; 2(3):15-21.

Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2019. Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional; 2018.

Handayani, S. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Baturetno. PROFESI. 2016; 14(1):42-48.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 43 Tahun 2019 Tentang Puskesmas. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia; 2019.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Buku Data Dasar Puskesmas Kondisi Desember 2015. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia; 2016.

Manurung, J.S., Siregar, M.A.J., Lubis, I.K.Y., et al. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Mutiara Kecamatan Kisaran Timur Kabupaten Asahan Tahun 2018. Kisaran: Puskesmas Mutiara; 2018.

Istiqomah, N.F. Hubungan Mutu Pelayanan Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Inap di Puskesmas II Tambak Kabupaten Banyumas 2015. Semarang: Universitas Negeri Semarang; 2016.

Eninurkhayatun, B., Suryoputro, A., dan Fatmasari, E.K. Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan di Puskesmas Duren dan Puskesmas Bergas Kabupaten Semarang Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2017; 5(4):33-42.

Puskesmas Mutiara. Profil Puskesmas Mutiara Tahun 2017. Kisaran: Puskesmas Mutiara; 2017.

Wahyuni, A.S. Statistika Kedokteran (Disertai Aplikasi dengan SPSS). Jakarta: Bamboedoea Communication; 2007.

Downloads

Published

2020-11-12