Hubungan Lama Penggunaan Kontrasepsi Pil Kb Dengan Kejadian Hipertensi Pada Wanita Usia Subur Di Desa Hamparan Perak Kec. Hamparan Perak Kab. Deli Serdang

Authors

  • Abdi Santoso Universitas Sumatera Utara
  • Rofida Astuti Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Flora, Medan, Indonesia
  • Nurhaida Br Kaban Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Flora, Medan, Indonesia

Abstract

Penyakit tidak menular dan banyak ditemukan pada masyarakat salah satunya adalah Hipertensi, faktor penyebab kemungkinan penggunaan kontrasepsi Pil mengandung hormon yang dapat meningkatkan tekanan darah. dari jumlah kasus hipertensi pada wanita usia subur (WUS) sebanyak 1988 orang (74,6%). Hasil survey awal yang dilakukan pada 10 akseptor Pil KB dan diketahui bahwa terdapat 7 orang atau 70% diantaranya menderita hipertensi dengan lama rata-rata penggunaan Pil KB lebih dari 2 tahun.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Hubungan Lama Penggunaan Kontrasepsi Pil KB Dengan Kejadian Hipertensi Pada WUS Di Desa Hamparan Perak Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang. Populasi penelitian ini adalah seluruh WUS yang menggunakan kontrasepsi Pil KB sebanyak 40 orang.Jenis penelitian kuantitatif.

Berdasarkan analisa data bivariat Lama Penggunaan Kontrasepsi Pil Kb dengan Kejadian Hipertensi menggunakan uji Spearman Rank (Rho) dengan taraf signifikansi 5 % didapatkan hasil bahwa nilai Sig <α 0,000 ≤ 0,05 artinya ada hubungan yang signifikan antara Lama Penggunaan Kontrasepsi Pil Kb dengan Kejadian Hipertensi.

Hasil penelitian, disimpulkan bahwa ada hubungan lama penggunaan kontrasepsi Pil KB dengan kejadian hipertensi pada WUS. Disarankan untuk tenaga kesehatan perlu kiranya dilakukan penyuluhan memberikan informasi kepada aseptor pengguna alat kontrasepsi tentang dampak indikasi penggunaan alat kontrasepsi Pil kb terhadap resiko peningkatan tekanan darah.

 

Downloads

Published

2024-05-21