PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG PERSONAL HYGIENE TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA

Authors

  • martalina limbong AKPER Surya Nusantara Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.55541/emj.v1i1.27

Abstract

Latar belakang. Personal hygiene merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Personal hygiene atau kebersihan diri adalah upaya seseorang dalam memelihara kebersihan dan kesehatan dalam dirinya untuk memperoleh kesehatan fisik dan bertujuan untuk mencegah timbulnya penyakit. Berdasarkan penelitian terlebih dahulu di Indonesia yaitu: penelitian di lembaga pemasyarakatan di Palembang menunjukkan bahwa penderita dermatofitosis yang mempunyai tingkat kebersihan yang kurang mencapai ( 83,76%), lebih lanjut di SD Inpres Manuruki 2 Daya menunjukkan bahwa personal hygiene yang baik yaitu (20,5%) dan dan personal hygiene yang buruk yaitu (79,5%). Penelitian ini bertujuan Mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang personal hygiene terhadap pengetahuan siswa dan mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang personal hygiene  terhadap sikap siswa.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimental design). Penelitian ini dilakukan di SD Advent Martoba Pematangsiantar dengan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 66 orang. Didapatkan melalui purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam nelitian ini adalah quesioner dan kemudian di uji dengan dengan uji statistik atau menggunakan bantuan program dan SPSS for windows release 21.

Hasil uji statistik yaitu uji’t dengan nilai pValue =  0,000 untuk  pengetahuan dan pValue = 0,005 untuk sikap  dimana kedua hasil tersebut lebih kecil dari nilai signifikasi (< 0,05). Sehingga dapat diinterprestasikan terdapat pengaruh pendidikan kesehatan personal Hygiene terhadap sikap dan prilaku siswa/si.

Kesimpulan: setelah penelitian ini selesai dilakukan maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan dan sikap terhadap sikap siswa Sekolah Dasar Advent Martoba Pematangsiantar. 

References

Arikunto, 2006. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta : rineka cipta

Azwar, (2005) sikap manusia : teori dan pengukuran. Yogyakarta : pustaka belajar.

Aulia. Pengaruh penggunaan modul pada model pembelajarn kooperatif tipe studen team Achievement divisions terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran keterampilan komputer dan pengelolaan informasi di SMK Negeri 2 Bukit tinggi. Jurnal, Program studi pendidikan teknik informatika, fakultas Teknik : Universitas Negeri Padang

Ambarwati E R. & Sunarsih T (2011). KDPK Kebidanan: teori dan aplikasi. Yogyakarta : Nuha Medika.

Edyati, L. 2014. Pengaruh penyuluhan kesehatan dengan media vidio terhadap pengetahuan dan sikap personal hygiene siswa SD Negeri 1 kepek pengasi kulon progo. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan, Aisyiyah. Yogyakarta.

Isro’in & Andarmoyo. (2012). PersonalHygiene; Konsep, Proses, dan Aplikasi dalam Praktik Keperawatan.

Islamudin dkk, 2017. Gambaran Perilaku Personal Hygiene Yang Berhubungan dengan Infeksi Soil Trasmitted Helminth pada Anak Sekolah Dasar (Studi Kasus di Desa Candi Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang). Jurnal Kesehatan Masyarakat Vol 5. No 1. 2017.

Machfoedz, I. (2005) Pendidikan kesehatan bagian dari promosi Kesehatan

Masyarakat. Yogyakarta: Fitramaya.

Mubarak, W.I. (2012). Promosi kesehatan untuk kebidanan. Jakarta: salemba

Medika.

Mubarak & Chayatin. (2007). Buku Ajar Kebutuhan Dasar Manusia Teori dan

Aplikasi dalam Praktik, Jakarta: EGC.

Notoatmodjo, S. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan.

Cetakan Pertama. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Notoatmodjo, S. 2005. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

. Notoatmodjo S. Konsep Perilaku Kesehatan.Dalam: Promosi Kesehatan Teori & Aplikasi edisi revisi. Jakarta: Rineka Cipta; 2010.

Notoatmodjo (2012). Promosi Kesehatan, Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta

Perry, P. 2005. Buku Ajar Fundamental Keperawatan. EGC. Jakarta.

Rangkuti, A.F. (2012). Gambaran Perilaku Penghuni tentang Personal hygiene, Sanitasi Dasar Perumahan Sehat serta Keluhan Kesehatan Kulit di Asrama Putra USU. Skripsi. Medan: Fakultas Kesehatan Masyarakat USU

Saryono. 2010. Catatan Kuliah Kebutuhan Dasar Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.

Tarwoto & Wartonah, 2011. Kebutuhan Dasar Manusia dan Proses Keperawatan edisi ke-4. Jakarta: Selemba Medika.

Wong. 2009. Buku Ajar Keperawatan Pediatrik Volume 1. Jakarta: EGC

.Wawan A dan Dewi M. Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika; 2010

Downloads

Published

2018-07-02

Issue

Section

Articles