PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE PEMUTARAN VIDEO TENTANG CUCI TANGAN TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA DI SD YPMA MEDAN

Authors

  • Nurhaida Kaban Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Flora
  • Desi Handayani Lubis
  • Laurena Ginting

Abstract

Mencuci tangan adalah salah satu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari-jari menggunakan air dan sabun untuk salah satu pencegahan penyakit. hal ini dilakukan karena tangan seringkali menjadi agen yang membawa kuman dan menyebabkan patogen berpindah dari satu ke orang lain, baik dengan kontak lansung ataupun kontak tidak lansung. tangan yang bersentuhan lansung dengan kotoran manusia atau binatang dan cairan tubuh lain tidak mencuci tangan dengan baik dan benar menggunakan sabun akan dapat meminidahkan bakteri, virus, dan parasit pada orang lain (Aeni, dkk 2015).

Tujuan Umum Penelitian Untuk Mengetahui Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan metode pemutaran video cuci tangan terhadap pengetahuan dan sikap siswa. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif, dengan menggunakan desain ekserimental, dengan jumlah sempel sebanyak 34 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan metode pemutaran video cuci tangan terhadap pengetahuan dan sikap siswa.

Bagi pengelola sekolah dasar agar dapat membuat kebijakan yang bersifat promotif dan preventif terhadap hal-hal yang berkaitan tentang mencuci tangan dengan cara yang baik dan benar.

 Kata kunci : Pendidikan Kesehatan, Pemutaran Video Tentang Cuci Tangan

Downloads

Published

2024-01-29