HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN KETERAMPILAN BIDAN DALAM PENANGANAN ATONIA UTERI DI RUMAH SAKIT PRATAMA KABUPATEN NIAS BARAT TAHUN 2022

Lolita Nugraeny, Universitas Haji Sumatera Utara, lolitanugraeny@gmail.com

Authors

  • Lolita Nugraeny Universitas Haji

Abstract

Angka Kematian Ibu (AKI) merupakan salah satu indikator keberhasilan layanan suatu negara. Setiap hari, sekitar 830 wanita meninggal karena sebab yang dapat dicegah terkait dengan kehamilan dan persalinan. 99% dari semua kematian ibu terjadi di negara berkembang disebebkan oleh atonia uteri, maka perlu dilakukan penelitian yang berhubungan pengetahuan bidan tentang penatalaksanaan atonia uteri. Data pelaporan dari rumah sakit terdapat 11 kematian ibu. Dimana 46% yang disebabkan oleh Atonia Uteri, Untuk itu, peneliti ingin mengetahui Hubungan Pengetahuan dengan Keterampilan Bidan dalam  Penanganan Atonia Uteri di Rumah Sakit Pratama kabupaten Nias Barat tahun2022.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis menggunakan desain  penelitian descriptif corelational. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh bidan yang memberikan pelayanan kebidanan di wilayah kerja rumah sakit pratama nias barat tahun 2022 sebanyak 16 orang. Jumlah sampel yang diteliti menggunakan sampel jenuh yaitu apabila populasi < 30 maka sampel diambil semuanya, yaitu sebanyak 16 responden. Tehnik pengambilan data menggunakan kuisioner dan di analisis dengan uji rank spearmen.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil kuisioner mayoritas responden memiliki pengetahuan kurang 13 responden (81,3%), dan mayoritas keterampilan bidan tertangani sebanyak 14 responden (87,5%). Hasil analisis data menunjukkan nilai sig sebesar 0,501 yang secara nyata lebi hdari 0,05 sehingga dapat disimpulkan tidak ada hubungan antara Pengetahuan dengan Keterampilan Dalam Penanganan Atonia uteri yang terampil.

Memberikan motivasi kepada Bidan untuk melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi lagi serta mengikuti pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan dalam penanganana atonia uteri.

Kata kunci        : Pengetahuan, keterampilan ,Atonia uteri

Downloads

Published

2024-01-29