Hubungan Antara Kemampuan Metakognitif Dengan Prestasi Belajar Asuhan Kebidanan I (Kehamilan) di STIK Siti Khadijah Palembang Tahun 2019
DOI:
https://doi.org/10.55541/emj.v4i2.161Abstract
Peningkatan kualitas pendidikan merupakan suatu proses yang dilaksanakan secara dinamis dan berkesinambungan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan berbagai faktor yang berkaitan dengannya, dalam upaya pencapaian tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Program peningkatan kualitas pendidikan adalah tercapainya tujuan pendidikan nasional secara substantif, yang diwujudkan dalam kompetensi yang utuh pada diri peserta didik, meliputi kompetensi akademik atau modal intelektual, kompetensi sosial atau modal sosial dan kompetensi moral atau modal moral. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan metakognitif dengan prestasi belajar Asuhan Kebidanan I (Kehamilan) di STIK Siti Khadijah Kota Palembang Tahun 2019. Desain penelitian ini menggunakan metode survey analitik dengan pendekatan cross sectional dengan mengolah data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester IV Prodi D.III Kebidanan STIK Siti Khadijah Palembang, yang diambil dengan tekhnik total sampling. Data dianalisis dengan Chi Square untuk mengetahui hubungan antara dua variabel.Hasil penelitian didapatkan responden yang kemampuan metakognitifnya tinggi dan prestasi belajarnya baik sebesar 11.8%, metakognitif sedang dan prestasi belajar baik sebesar 13.7%, dan metakogitif rendah dan prestasi belajar baik sebesar 0%. Hasil analisa bivariat menunjukkan kemampuan metakognitif (p value .0.001) terhadap prestasi belajar asuhan kehamilan I (kehamilan). Kesimpulan ada hubungan yang signifikan antara kemampuan metakognitif (p value .0.001) terhadap prestasi belajar asuhan kehamilan I (kehamilan). Hasil penelitian dapat dijadikan salah satu sumber informasi untuk pengembangan dan peningkatan proses belajar mengajar di Institusi Pendidikan.
Â
Kata Kunci     : Kemampuan Metakognitif, Prestasi Belajar
References
Cauthino,Savia A. (2007). The Relationship Between Goals, Metacognition, and Academic Success. Educate Journal 7, 1, 39-47
Notoatmodjo, Soekidjo. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Memepngaruhinya.Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: ALFABETA.
Sunarto. (2009). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar. http://dedi26.blogspot.com/2013/01/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-hasil.html. Diakses : 15 Februari 2020.
Taccasu, Project. (2008). “Metacognition†Tersedia pada: http://www.hku.hk/cepc/taccasu/ref/metacognition.html. Diakses pada 21 Februari 2020.
Winkel, W. S. 2009. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi