PASIEN BPJS PULANG ATAS PERMINTAAN SENDIRI (PAPS) (STUDI KASUS PADA PASIEN RAWAT INAP DI RS RUMKIT TK II PUTRI HIJAU KESDAM I/BB MEDAN TAHUN 2019)
DOI:
https://doi.org/10.55541/emj.v4i1.158Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui Pasien BPJS Pulang Atas Permintaan Sendiri Di RS Putri Hijau Medan Tahun 2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Informan adalah pasien ruangan rawat inap, perawat ruangan rawat inap, kepala ruangan, petugas BPJS dan Wakil Direktur. Teknik pengumpulan data mengunakan observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian ini mendapatkan bahwa banyaknya pasien PAPS di RS Putri Hijau Medan karena keinginan pribadi. Â SOP mengenai pasien PAPS di RS Putri Hijau Medan sudah sesuai dengan peraturan BPJS. Dampak pasien BPJS yang PAPS bagi rumah sakit akan menumbulkan opini dan pendapat masyarakat bahwa pelayanan yang diberikan Rumah Sakit tidak baik serta dan juga akan menyebabkan penurunan pendapatan rumah sakit. Kebijakan yang di ambil oleh kepada Rumah Sakit adalah memberikan arahan agar seluruh staf RS harus bekerja sesuai dengan standar profesi dan memeberikan pelatihan untuk menangani pasien yang meminta untuk PAPS dengan harapan pasien mangerti tahapan PAPS dan juga mengurangi tingginya PAPS yang terjadi di RS Putri Hijau
Â
Kata Kunci: Pasien, BPJS, PAPS.
References
Afrizal, 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Anjaryani,WD, 2009. Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan
Perawat di RSUD Tugurejo Semarang,Thesis, Jurnal Kesehatan
Masyarakat
Armand, D. 2014. Analisis Persepsi Keputusan Pasien Pulang Atas Ermintaan Sendiri (PAPS) Terhadap Mutu Pelayanan Dan Kepuasan Di Ruang Rawat Inap VIP RSUD Deli Serdang Tahun 2014. Tesis. Universitas Sumatera Utara
Cahyaningsih, Dwi Noor, 2010. Karakteristik Pasien Pulang Atas Permintaan
Sendiri di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar Jurnal
Kesehatan, ISSN 1979-9551, VOL. IV, NO. 2,
Departemen Kesehatan RI, 2010. Direktorat Jendral Bina pelayanan Medik
Standar Minimal Pelayanan Rumah Sakit. Jakarta
Juliansyah, N. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta : Kencana.
Kementrian Kesehatan RI. 2013. Bahan Paparan Jaminan Kesehatan Nasional dan Sistem Jaminan Sosial Nasional. Jakarta
Machfoedz, I. 2016. Metodo Penelitian Kualitatif. Jakarta : Fitramaya.
Moleong, Lexy J, 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Myrnawati, CH. 2018. Metodologi Penelitian Untuk Pemula. Jakarta : Pustakapedia.
Nofiyanto, Eko, 2013. Perbedaan Sehat-Sakit Pasien Menjadi Alasan Utama
Kejadian Pulang Paksa. Jurnal Kedokteran Brawijaya, Vol. 28,
Suplemen No. 1
Notoatmodjo, S. 2010. Ilmu Pengetahuan Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Pelayana Publik. Cet.I. FPPM, Jakarta
Peraturan BPJS Nomor 1 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan
Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2013 tentang Jaminan Kesehatan Nasional
Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presidan Nomor 12 Tahun 2013 Tentang Jaminan Kesehatan Nasional
Riset Kesehatan Dasar, 2013. Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI
Rosita, S. 2014. Pengaruh Faktor Predisposing, Enabling Dan Needs Terhadap Keputusan Pasien Untuk Pulang Atas Permintaan Sendiri (PAPS) Di RSUD. DR. H.Yuliddin Away Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan Tahun 2014
Sudigdo, Sastroasmoro. 2014. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Klinis Edisi ke-5. Jakarta: Sagung Seto.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.
Sukirman, Wibowo A, 2006. Merumuskan Konsep dan Partisipasi Warga dalam
Thenie, Heri. Persepsi Pasien Pulang Paksa Terhadap Pelayanan Rumah Sakit Di Rumah Sakit Umum Daerah Karawang (Tesis). Universitas Indonesia. Depok; 2002