FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN TERHADAP KINERJA DOKTER DALAM PENULISAN REKAM MEDIS DI RUANG INAP RUMAH SAKIT BHAYANGKARA TINGKAT II MEDAN

Authors

  • Yanti Sikumbang Universitas Sari Mutiara

DOI:

https://doi.org/10.55541/emj.v3i2.137

Abstract

Rumah Sakit merupakan salah satu sarana untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, sehingga rumah sakit harus memberikan pelayanan kesehatan yang memuaskan agar pasien merasa senang untuk berobat di rumah sakit. Berdasarkan survey pendahuluan yang dilakukan di Rumah Sakit Umum Sundari Medan didapatkan 5 orang (62,5%) dari 8 pasien merasa tidak puas terhadap pelayanan yang dilakukan Rumah Sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui pengaruh  kualitas pelayanan dan citra rumah sakit terhadap tingkat kepuasan pasien rawat inap Rumah Sakit Umum Sundari Medan Tahun 2018. Jenis penelitian ini adalah survei yang bersifat deskriptif analitik dengan penelitian Cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat inap dan sampel sebanyak 71 orang. Metode analisa data dengan cara analisis univariat, analisis bivariat dan analisis multivariat dengan uji regresi logistik ganda. Hasil penelitian secara statistik menunjukkan pendidikan, pendapatan, citra rumah sakit, dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pasien (p< 0.05). Hasil uji regresi logistik berganda diketahui variabel yang berpengaruh terhadap tingkat kepuasaan adalah pendidikan, penghasilan, citra rumah sakit, dan kualitas pelayanan. kualitas pelayanan merupakan faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap tingkat kepuasaan pasien. Disarankan pihak rumah sakit, perlu lebih meningkatkan kualitas pelayanan dan citra rumah sakit melalui pemberian pelatihan kepada dokter dan perawat yang ada di rumah Sakit. dokter perlu ketanggapan dengan adanya Komite Etik Rumah Sakit (KERS) untuk aktif mengawasi pelayanan yang diberikan kepada pasien selalu cepat merespon dan menanggapi keluh kesah pasien.

 

 

Kata Kunci : Citra Rumah Sakit, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasaan Pasien

References

Abdelhak M, Grostick S., Hankes M.A., and Jacobs E.B.2015. Health Information of A Strategic Resource 5th Edition.Philadelphia: Sunders Company.

Badeni. 2013. Kepemimpinan dan Perilaku. Alfabeta. Bandung.

Depkes RI, 2008. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 269/ Menkes/Per/2008 tentang Rekam Medis, Jakarta

Hanafiah Y dan Amir A, 2013. Etika Kedokteran dan Hukum Kesehatan, Edisi ke 6 Penerbit Buku Kedokteran EGC, Jakarta.

Handoko T.H. 2011. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Edisi ke-2., BPFE, Yogyakarta.

Hatta, R.G, 2008. Manajemen Informasi Kesehatan di Sarana Pelayanan Kesehatan, Penerbit Universitas Indonesia, Jakarta.

Hasibuan, S.P. M. (2014), Organisasi dan Motivasi: Edisi Revisi, Bumi Aksara, Jakarta

Ilyas, Yaslis. 2012. Kinerja, teori, penilaian dan penelitian.Jakarta: Pusat Kajian Ekonomi Kesehatan FKM Universitas Indonesia.

Indar, I, 2013. Faktor yang berhubungan dengan kelengkapan rekam medis di RSUD H.Pandjonga DG. Ngallerakalar, Bagian Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, FKM Unhas, Makassar.

Ivancevich, John M;Robert Konopaske; dan Michael T Matteso., 2009. Perilaku dan Manajemen Organisasi. Edisi Ketujuh. Jakarta: Erlangga.

Robbin, S., 2014. Perilaku Organisasi, (Edisi ke-16 terjemahan), Penerbit: Salemba Empat, Jakarta.

Rivai, V, 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Pertama, Penerbit P.T Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Siagian, Sondang. P. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara

Sudra, Rano Indradi. 2010. “Statistik Rumah Sakit dari Sensus Pasien & Grafik Barber-Johnson Hingga Statistik Kematian & Otopsiâ€, Yogyakarta.

Tampubolon, Manahan P. 2008. Perilaku Keorganisasian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Thoha, Miftah. 2011. Perilaku Organisasi, Konsep Dasar dan Aplikasinya. Rajawali Pers. Jakarta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 tentang kesehatan Biro Hukum Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta.

_______, No. 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit, Biro Hukum Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta.

Downloads

Published

2020-11-05