PENERAPAN STRATEGI MENAGAJAR DAN MOTIVASI SISWA TERHADAP PENCAPAIAN PEMAHAMAN BAHASA INGGRIS KESEHATAN
Abstract
Penelitian ini berkaitan dengan strategi pengajaran dan motivasi siswa dalam pencapaian pemahaman bacaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pencapaian siswa dalam membaca pemahaman yang diajarkan oleh Think Pair Share secara signifikan lebih tinggi daripada yang diajarkan oleh Directed Reading Thinking Activity menggunakan pembelajaran hubungan tanya jawab. Metodologi penelitian yang digunakan adalah desain penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa yang berusia 10 sampai 15 tahun yang ada di desa Bangun Rejo Kecamatan Tanjung Morawa Tahun 2023 . Secara acak dipilih dan total sampling sebanyak 36 siswa. Model pembelajaran kelas eksperimen terancam Think Pair Share dan kelas Control diberikan Directed Reading Thinking Activity. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda dan angket. Data dianalisis dengan Two-Way ANOVA dengan desain faktorial 2x2 Menunjukkan bahwa F teramati = 14,1 dan F tabel = 4,00, dan hasilnya menunjukkan Fobserv > Ftabel sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak disimpulkan Siswa yang diajar dengan menggunakan strategi TPS lebih baik daripada siswa yang diajar dengan menggunakan Directed Reading Thinking Activity terhadap prestasi membaca pemahaman. Berdasarkan penelitian ini, peneliti menyarankan pembelajaran dengan model TPS untuk pendekatan dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pemahaman membaca dan dapat digunakan sebagai alternatif untuk menerapkan pembelajaran bahasa Inggris yang inovatif khususnya dalam membaca Bahasa Inggris Kesehatan, dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, dan memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengekspresikan ide mereka dalam bahasa dan cara mereka sendiri.Â
Â
Keywords: Srategi Membaca, Motivasi, Pencapaian pemahamam membaca Bahasa inggris Kesehatan
References
Agustiani, M. 2020. The Effects of Drta And Lc Strategies on Students’ Reading Comprehension Achievement of Narrative Texts Based on English Score Levels. Journal Of English Literacy Education, 3, (2)
Al Odwan, T. A. 2012. The Effect of the Directed Reading Thinking Activity through Cooperative Learning on English Secondary Stage Students’ Reading Comprehension in Jordan. International Journal of Humanities and Social Science, 2, 138-151.
Alyousef, H. S.2019. Teaching reading comprehension to ESL/EFL learners. The Reading Matrix, 5(2), 143-153. Retrieved from http://www.reading matrix .com/ articles/alyousef/article.pdf.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik:. Jakarta: Rineka Cipta.
Ary. 2010. Introduction to Research in Education. Canada. Nelson education
Black, K.2010.“Business Statistics: Contemporary Decision Making†6th Edition, John Wiley & Sons
Chen, C. H, & Chiu, C. H. 2016. Collaboration scripts for enhancing metacognitive self-regulation and Mathematics literacy. International Journal of Science and Mathematics Education, 14(2), 263280. http://doi.org/10.1007/s10763-015-9681-y.
Friska, N. 2020. Improving student’s reading comprehension through drta-strategy at smp st.ignasius medan. Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia, 10(08), 47-55.
Hanif, Fakhri. 2018. The Effect of Directed Reading Thinking Activity on The Ability of The Second Year Students of Smp Babussallam Pekanbaru in Comprehending Recount Texts. JOM FKIP. 5 (1)
Hasan Abdullah. 2017. The Effect of Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Method on Students’ Reading Comprehension for State Islamic Senior High School. J.E.A.L.T. 8 (2),140-148
Hudri, M & Irwandi,H. 2018. Improving students’ reading skill through think-pair-share (tps) technique at the forth semester students of english department muhammadiyah university of mataram. JISIP, 2(3), 2598-9944
Istianah, W. 2019. The effect of using think-pair-share technique on the eighth grade students’ reading comprehension achievement at smpn 3 bangsalsari jember. Pancaran, 2(2), 41-48 Jakarta: Prestas Pustaka.
Jeniwati, Gurning,B. 2020. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris Melalui Penerapan Strategi Pemahaman Bacaan Directed Reading Thinking Activity (Drta) Pada Siswa Kelas XI Sma Negeri 2 Binjai Jurnal Teknologi Pendidikan, 9 (2) ISSN: 2407-7437
Kagan, S & Kagan, M. 2009. Kagan Cooperative Learning. Kagan Publishing
Lusyani,F. 2017. The Effect of Direct Reading Thinking Activity (DRTA) On Students’ Reading Comprehension: An Experimental Study at SMA Negeri 4 Bogor.UICELL.
McTighe, J., & Lyman, F.T. 1988. Cueing thinking in the classroom: The promise of theory-embedded tools. In A.L. Costa (Ed.) Developing minds: A resource book for teaching thinking Rev. Ed., Vol.1 (pp. 243-250).
Mikulecky, B. S. 2008. Teaching reading in a second language. Pearson Education, 0-13-503146X. Retrieved from http://www.longman home usa.com/content/FINALLO%20RESMikuleckyReading %20Monograph%20. Pdf
Muryani S, Iman N. Using think pair share technique with descriptive text to improve reading comprehension of the tenth graders of sma lti igm palembang. Global expert jurnal bahasa dan sastra, 6 (1), 2477-3794
Pan, C.Y. 2019. The Cooperative Learning Effects on English Reading Comprehension and Learning Motivation of EFL Freshmen. Washington, DC: American Chemical Soc.
Patel, M. & Praveen M. J. 2008. English Language Teaching. Jipur: Sunrise publishers&distributors.
Purnama, Y.H. 2017. The Effectiveness of the Use of Scanning Strategy to Improve Students’ Reading Achievement of the Second Year of MTs N Wonosegoro in the Academic Year 2011/2012. (Unpublished research). Central Java: State Institute for Islamic Studies (STAIN) Salatiga.
Raba, A. A. A. 2020. The influence of think-pair-share (TPS) on improving students’ oral communication skills in EFL classrooms. Creative Education, 8(1), 12–23. http://doi.org/10.4236/ce.2017.81002.
Rukminingsih. 2014. Incorporating Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Technique into Extensive Reading Class. Cendikia.12 (2), pp 261-279.
Seftika. 2016. Directed reading thinking activity (dr-ta) strategy to teach reading. SMART Journal, 2 (2), 121-127