FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT WANITA USIA SUBUR DALAM DETEKSI DINI KANKER SERVIKS DENGAN METODE PEMERIKSAAN INSPEKSI VISUAL ASAM ASETAT DI PUSKESMAS TANJUNG MORAWA TAHUN 2018

Authors

  • Marliani ,
  • Sarma Lumban Raja
  • Willhelmina Wahara

DOI:

https://doi.org/10.55541/emj.v2i2.82

Abstract

Kanker serviks merupakan penyakit yang mengancam jiwa, menyebabkan gangguan kesehatan pada wanita usia subur, kualitas hidup rendah, merasa tidak berdaya dan berguna dalam kehidupannya serta kematian. Kunjungan Wanita Usia Subur (WUS) untuk melakukan pemeriksaan IVA dari bulan Agustus sampai Desember 2017 rata-rata sebanyak 71 orang (21%) dan ditemukan 10 orang terdiagnosa menderita kanker serviks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor  yang memengaruhi minat wanita usia subur dalam deteksi dini kanker serviks dengan metode IVA di Puskesmas Tanjung Morawa tahun 2018.

Jenis penelitian adalah survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalah wanita usia subur yang berusia 20-45 tahun dengan jumlah sampel 102 orang. Data dianalisis secara univariat, bivariat menggunakan chi-square dan multivariat menggunakan uji regresi logistik berganda pada taraf kemaknaan 5%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor peran teman memiliki pengaruh paling kuat terhadap minat wanita usia subur dalam deteksi dini kanker serviks (p=0,000) dengan  nilai Exp (B) = 6,770 nilai prevalensi rate 2,857 dan Confidance interval (CI) antara 1,464-5,577 hal itu berarti bahwa peran teman yang tinggi memengaruhi 6,770 kali lebih besar  minat wanita usia subur dalam deteksi dini kanker serviks dengan metode pemeriksaan inspeksi visual asam asetat di Puskesmas Tanjung Morawa tahun 2018.

            Kesimpulan bahwa ada pengaruh pengetahuan, sikap, akses informasi,  peran suami dan peran teman  terhadap minat WUS melakukan pemeriksaan deteksi dini kanker serviks dengan metode IVA. Disarankan Puskesmas Tanjung Morawa memberikan promosi kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan masyarkat terutama WUS dan menghadirkan WUS yang sudah melakukan deteksi dini kanker leher rahim atau penderita kanker leher rahim sebagai penyuluh untuk meningkatkan minat WUS.

Kata Kunci : Deteksi Dini Kanker Serviks,  Metode IVA, Wanita Usia Subur

References

Siswanto A.W. Epidemiologi dan Pencegahan Kanker Leher Rahim. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada; 2010.

American Cancer Society. 2011. Global Cancer Facts & Figures 2nd Edition. Atlanta: American Cancer Society. Diperoleh di: http://www.cancer. org/ search/index?QueryText=cancer+serviks&Page=1.

Kemenkes, RI, Situasi Penyakit Kanker.Buletin Jendela: Data dan Informasi Kesehatan. Jakarta; 2016.

WHO.Cervical cancer; 2018.http://www.who.int/cancer/prevention/diagnosis-screening/cervical-cancer/en/

Kementerian Kesehatan RI. Profil Kesehatan Indonesia 2012. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2013.

Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, 2011. Profil Kesehatan Provinsi Sumatera Utara. Medan.

Tilong Adi D, Bebas Dari Ancaman Kanker Serviks. Jogjakarta, Flass Books; 2012.

Hurlock, Elizabeth B. Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang. Kehidupan. Jakarta : Erlangga; 2011.

Sukmadinata NS. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya; 2010.

Rahma RA. Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Minat WUS (Wanita Usia Subur) dalam Melakukan Pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Dengan Pulasan Asam Asetat) di Desa Pangebatan Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas. Bidan Prada: Jurnal Ilmiah Kebidanan, Vol.3 No.1 Edisi Juni 2012.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuntitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta; 2011.

Muhmmad I. Pemanfaatan SPSS Dalam Penelitian Sosial dan Kesehatan: Ciptapustaka Media Perintis; 2016.

Downloads

Published

2019-10-12