FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KETIDAKTERATURAN KUNJUNGAN ANTENATAL CARE DI PUSKESMAS KEBAYAKAN KABUPATEN ACEH TENGAH TAHUN 2022

Authors

  • Juniara Fetriani STIKes Mitra Husada Medan
  • Edy Marjuang Purba Universitas Negeri Medan
  • Zurkaidah Zurkaidah
  • Rahmawati Rahmawati

DOI:

https://doi.org/10.55541/emj.v5i2.219

Abstract

Antenatal care merupakan kegiatan pengawasan wanita hamil untuk menyiapkan ibu hamil sebaik-baiknya baik fisik maupun mental, serta menyelamatkan ibu dan bayi dalam kehamilan, persalinan dan masa nifas. Hasil wawancara peneliti dengan 8 orang ibu hamil di Puskesmas Kebayakan, terdapat 2 orang ibu hamil tidak pernah melakukan pemeriksaan kehamilan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan ketidakteraturan kunjungan antenatal  care di Puskesmas Kebayakan Kabupaten  Aceh Tengah Tahun 2022. Penelitian ini menggunakan desain penelitian analitik dengan rancangan penelitian cross sectional. Jumlah populasi diperoleh adalah sebanyak 226 orang  yang tinggal di Puskesmas Kebayakan  Kabupaten Aceh Tengah Tahun 2022. Sampel adalah sebanyak 73 orang. Analisa biavariat dilakukan dengan uji statistic menggunakan chi-square, untuk melihat adanya hubungan antara variable independen dan variable dependen dengan derajat kemaknaan α =0,05. Ada hubungan antara pengetahuan ibu dengan ketidakteraturan kunjungan Antenatal Care di  Puskesmas Kebayakan Kabupaten Aceh Tengah Tahun 2022. Tidak ada hubungan antara umur ibu dan paritas dengan ketidakteraturan kunjungan Antenatal. Disarankan kepada petugas  Puskesmas Kebayakan Kabupaten Aceh Tengah untuk meningkatkan kegiatan penyuluhan supaya pengetahuan ibu hamil mengenai antenatal care meningkat dan kunjungan antenatal care dapat dilakukan dengan teratur mulai dari trimester 1 sampai trimester 3. Disarankan kepada ibu hamil untuk lebih proaktif mencari informasi tentang kesehatan kehamilannya.

References

Bella, Sudyaningsih. 2017. Ilmu Kebidanan dan Pemeriksaan Kehamilan Berkala. Jakarta : EGC

Choli, 2017. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Jakarta

Dewi VNL & Sunarsih T. 2016. Asuhan Kehamilan Untuk Kebidanan. Salemba Medika, Jakarta.

Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tengah, 2019. Profil Kesehatan Kabupaten Aceh Tengah. 2018, Aceh Tengah

Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, 2019. Profil Kesehatan Provinsi Sumatera Utara 2018, Medan.

Fithriany. 2017. Pengaruh Karakteristik Ibu dan Dukungan Suami Terhadap Pemeriksaan Kehamilan di Kecamatan Kuta Cot Glie Kabupaten Aceh Besar. Tesis, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Kemenkes RI, 2015. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2014. Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan. Jakarta.

Kemenkes RI, 2016. Jaminan Persalinan. Jakarta

Kemenkes RI, 2017. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2013. Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan. Jakarta.

Manurung, Mutiara. 2015. Faktor yang Berhubungan dengan Kunjungan Antenatal Care pada Ibu Hamil di Puskesmas Padang Matinggi Kecamatan Padangsidimpuan Selatan Kota Padang Sidimpuan Tahun 2015. Tesis, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Marmi dan Margiyati. 2018. Pengantar Psikologi Kebidanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Murniati, 2015. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Pelayanan Antenatal oleh Ibu Hamil di Kabupaten Aceh Tenggara. Tesis. Sekolah Pasca Sarjana Universitas Sumatera Utara, Medan.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2017. Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Rineka Cipta, Jakarta.

Prawirohardjo, S. 2017. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Yayasan Bina Pustaka.

Rukiyah. 2019. Asuhan Neonatus, Bayi dan Balita. Jakarta: Trans Info Media.

SDKI. 2012. Kematian Dewasa dan Maternal. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Sriwahyu, Alas. 2017. Faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Antenatal Care (ANC) di Wilayah Kerja Puskesmas Kecamatan Lawe Sumur Kabupaten Aceh Tenggara Tahun 2013. Skripsi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

WHO, 2016. World Health Statistics 2016. WHO

WHO . 2018. Trends in Maternal.WHO

Downloads

Published

2023-02-04