PERSEPSI PENGGUNA SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN PASIEN RAWAT JALAN DI RSU BANGAKATAN BINJAI

Authors

  • Asep Hendra Universitas Sari Mutiara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55541/emj.v5i1.188

Abstract

Sistem informasi manajemen rumah sakit khususnya di bagian pendaftaran yang ada di rumah sakit di Indonesia masih menggunakan sistem manual, meskipun sebagian rumah sakit juga sudah ada komputer di bagian pendaftaran tapi penggunaannya kurang maksimal, untuk mempermudah semua kegiatan di bagian pendaftaran, salah satu solusi didalam melaksanakan kegiatan manajemen informasi di rumah sakit, yaitu dengan memaksimalkan penggunaan sistem informasi pendaftaran dengan membuat atau memiliki software yang lebih lengkap isinya, termasuk di dalamnya sistem informasi di bagian pendaftaran rawat jalan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatahui persepsi pengguna sistem informasi pendaftaran pasien rawat jalan di Rumah Sakit Bangkatan Binjai dengan menggunakan metode PIECES yang terdiri dari : Performance, Information, Economy, Control, Eficiency, dan Service. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan persepsi pengguna berdasarkan aspek performance di RSU Bangkatan Binjai masih diakatakan lambat dalam pelaksanaannya, terkendala oleh proses pencatatan psien baru masih mengguanakan manual sehingga kinerja (performance) sistem informasi registrasi pasien terganggu dan memakan waktu yang lama, berdasarkan aspek information di RSU Bangkatan Binjai secara umum belum berjalan dengan baik, karena pengguna mengalami kesulitan untuk mengakses data pasien lama sering megalami eror, berdasarkan aspek econimic di RSU Bangkatan Binjai masih terkesan boros karena data pasien masih disimpan secara konvensional dan pihak rumah sakit harus menyediakan tempat untuk menyimpan arsip-arsip yang menumpuk serta biaya perawatan sistem bila ada yang rusak (teknis/non teknis), berdasarkan aspek control & security di RSU Bangkatan Binjai sistem masih aman dan terkendali baik dalam pengaksesan sistem maupun internal, karena password tidak bisa diberikan kepada pegawai siapapun, berdasarkan aspek efficiency di RSU Bangkatan Binjai sistem ini belum terintegrasi dengan baik, belum bisa dikatakan efisien waktu serta biaya serta bahan material untuk perekaman data manual pasien karena masih terkendala sarana dan prasarana yang ada kurang memadai, berdasarkan aspek service di RSU Bangkatan Binjai  memberikan pelayanan yang mudah di mengerti oleh penggunanya.

Kata Kunci : Sistem Informasi, Pendaftaran, Rawat Jalan, PIECES

References

Alim, L. B. (2016). Evaluasi Sistem Informasi Pada Loket Pendaftaran Rawat Jalan Di RSUD Tugurejo Semarang. Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Amanda, R. F. (2014). Evaluasi Kinerja Sistem Informasi Inventori. UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Gordon, D. B. (1993). Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen Bagian I. Jakarta: Pustaka Binaman Presindo.

Handiwidjojo, W. (2009). Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit. 32-38.

Haryadi, D., & Solikhah. (2013). Evaluasi Sistem Informasi Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum PKU Muhammadiyah Bantul. Universitas Ahmad Dahlan.

Menkes RI. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 56 Tahun 2014 tentang Perizinan dan Klasifikasi Rumah Sakit.

kusmadewi, & dkk. (2009). Informatika Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kusnanto. (2010). Pengantar Profesi dan Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta: EGC.

Machfoedz, I. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Fitramaya.

Moleong, L. J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muninjaya. (2012). Manajemen kesehatan. Jakarta : EGC.

Muryadi, A. D. (2017). Model Evaluasi Program Dalam Penelitian Evaluasi. Universitas Tunas Pembangunan Surakarta.

Myrnawati, C. (2018). Metode Penelitian Untuk Pemula. Jakarta: Pustakapedia.

Nasution. (1992). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Menkes, RI. (2011). Peraturan Mentri Kesehatan RI Nomor 1171/MENKES/PER/VI/2011 tentang Sistem Informasi Rumah Sakit.

Ragil, W. (2010). Pedoman Sosialisasi Prosedur Operasi Standar. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Rahaman, A. (1999). Tinjauan Sistem Pengolahan dan Pelaporan Rekam Medis Rawat Jalan di RSU Bhakti Yudha Depok. Universitas Indonesia.

Riana, A. (2006). Evaluasi Kinerja Sistem Informasi Manajemen Ditinjau Dari Aspek Persepsi Pengguna Dalam Mendukung Proses Manajemen Di Rumah sakit PKU Muhammadiya Yogyakarta. Universitas Diponegoro.

Shofari, B. (2002). Laporan Rumah Sakit Pelatihan Rekam Medis. Semarang.

Sudigdo, S. (2011). Dasar-dasar Metodologi Penelitian Klinis Edisi KE 4. Jakarta : Sagung Seto.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Badung: Alfabeta.

Tominanto. (2012). Rancang Bangun Sistem Informasi Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Melalui Sort Message Service (SMS) Di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta. STMIK Duta Bangsa.

Republik Indonesia. (2009). Undang-Undang RI Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit.

Whitten, & Bentley. (2007). System Analysis And Desaign Methods. New York: McGrawHill.

Downloads

Published

2022-06-21

Issue

Section

Articles