PERILAKU BIDAN DALAM PENATALAKSANAAN PENCEGAHAN INFEKSI TERHADAP KEJADIAN INFEKSI PADA PERTOLONGAN PERSALINAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS NATAM KUTACANE

Authors

  • Ridha Maharani Institute Kesehatan Helvetia

DOI:

https://doi.org/10.55541/emj.v5i1.185

Abstract

Salah satu indikator derajat kesehatan suatu negara adalah angka kematian Ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB). Menurut data WHO (World Health Organization) tahun 2019 bahwa setiap hari terdapat 830 kasus ibu hamil dan ibu bersalin meninggal dunia yang diakibatkan oleh komplikasi. Kematian ibu disebabkan oleh Perdarahan, Tekanan darah tinggi saat hamil (eklampsia), dan infeksi, Persalinan macet dan keguguran. Cara untuk menurunkan angka kematian dengan cara melaksanakan Pencegahan Infeksi (PI). Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Aceh kasus infeksi dari tahun ke tahun mengalami peningkatan sebesar 70-73%, yang artinya bahwa standar penanganan kasus infeksi yang dilakukan oleh tenaga kesehatan kompeten (Bidan) pada tingkat pelayanan dasar dan rujukan masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang memengaruhi perilaku Bidan dalam penatalaksanaan pencegahan infeksi terhadap kejadian infeksi pada pertolongan persalinan di wilayah kerja puskesmas natam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey analitik dengan desain crosssectional. Jumlah populasi sebesar 84. Teknik pengambilan sampel scara purposive sampling dengan total sampel 42 orang. Analisa Data dilakukan secara Univariat, Bivariat dan Multivariat. Untuk Analisis Bivariat menggunakan Uji statistik Chi-Square.

Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh antara variabel pengetahuan (a=0.015), sikap (a=0.013) dan tindakan (a=0.012) terhadap kejadian infeksi pada pertolongan persalinan dengan nilai sig a <0.05. Disarankan kepada petugas kesehatan khususnya bidan untuk lebih memperhatikan tindakan saat menolong persalinan dan juga menjalankan tindakan pertolongan persalinan sesuai dengan APN.

Kata kunci              : Pengetahuan, sikap, tindakan, Perilaku Bidan, kejadian infeksi persalinan

References

Kusumadewi, Syifaurrohmah and Trisnawati, Irna and Komalasari, Lia and Darwanty J. Gambaran Faktor Predisposisi Dan Penatalaksanaan Asuhan Kebidanan Pada Kasus Ketuban Pecah Dini Di Rumah Sakit Umum Daerah Subang Tahun 2020 [Internet]. Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung; 2020. Available from: http://repo.poltekkesbandung.ac.id/281/

WHO. Maternal mortality [Internet]. WHO. 2019. Available from: https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/maternal-mortality

Survey Demografi dan Kesehatan Indonesia. 2017. Survey Demografi dan Kesehatan Indonesia. 2017 [Internet]. Jakarta; 2017. Available from: https://e-koren.bkkbn.go.id/wp-content/uploads/2018/10/Laporan-SDKI-2017-WUS.pdf

JNPK. Panduan Pencegahan Infeksi Untuk Fasilitas Pelayanan Kesehatan dengan Sumber Daya Terbatas. Jakarta: JNPK-KR; 2014.

Lisda. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Bidan dalam Pencegahan Infeksi pada Pertolongan Persalinan. Universitas Padjajaran; 2011.

Manurung P. Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Bidan Terhadap Pencegahan Infeksi Pada Alat Persalinan Di Wilayah Kerja Puskesmas Deli Tua Tahun 2017. Vol. 4, Politeknik Kesehatan KEMENKES Medan. Politeknik Kesehatan KEMENKES Medan; 2017.

Faridah. Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Bidan Tentang Pencegahan Infeksi Pada Proses Persalinan Di Rumah Sakit Umum Daerah Cut Meutia Kabupaten Aceh Utara. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan U’Budiyah; 2011.

Dinas Kesehatan Aceh. Profil Kesehatan Aceh 2018 [Internet]. Aceh: Dinas Kesehatan Aceh; 2018. Available from: https://dinkes.acehprov.go.id/uploads/profil_2018_dinkes_aceh.pdf

Notoadmodjo S. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2010.

Casnuri. Hubungan Karakteristik dan Pengetahuan Bidan dengan Kepatuhan Bidan terhadap Pencegahan Infeksi di BPM Wilayah Sleman Yogyakarta. J Med Respati. 2018;13(2):1–12.

Mubarak W. Promosi Kesehatan Untuk Kebidanan. Jakarta: Salemba Mudika; 2012.

Rezki, Darwin Devi FV. Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Bidan Dalam Penerapan Asuhan Persalinan Normal Dengan Pencegahan Infeksi Di Kamar Bersalin RSU Sawarigading Palopo Tahun 2018. J Fenom Kesehat. 2018;1(01):237–42.

Iswanti Tutik. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Pelaksaan Universal Precaution Pada Pertolongan Persalinan Oleh Bidan Praktok Mandiri Di Wilayah Kota Tangerang Selatan. Universitas ’Aisyiyahh. 2017.

Syam H. Hubungan Pengetahuan dan Sikap Bidan Terhadap Penatalaksanaan Pencegahan Infeksi Dalam Menolong Persalinan Di Puskesmas Minasatene Kec. Minasatene Kab. Pangkep Tahun 2011. J Ilm Kesehat Diagnosis [Internet]. 2015;3:2011–4. Available from: http://ejournal.stikesnh.ac.id/index.php/jikd/article/view/588

Ambarwati L. Analisis Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Praktik Pencegahan Infeksi pada Persalinan oleh Bidan Desa di Kabupaten Kudus. Universitas Diponegoro; 2014.

Batubara Syafrina. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Bidan Dalam Pencegahan Infeksi Saat Melakukan Pertolongan Persalinan. J Keperawatan Prior. 2021;4:93–105.

Eka Y. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Penerapan Kewaspadaan Universal Pada Pertolongan Persalinan Oleh Bidan Di Puskesmas Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Badung Bali Tahun 2012. Univeristas Indonesia; 2012.

Azwar. Sikap Manusia : Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar; 2013.

Wawan. Teori dan PengukuranPengetahuan Sikap dan Perilaku Manusia. Jakarta: Nuha Medika; 2010.

Suryani. Manfaat Pelatihan Bagi Tenaga Kesehatan. J Kesehat. 2014;

Downloads

Published

2022-06-21

Issue

Section

Articles