PASIEN BPJS PULANG ATAS PERMINTAAN SENDIRI (PAPS) (STUDI KASUS PADA PASIEN RAWAT INAP DI RS RUMKIT TK II PUTRI HIJAU KESDAM I/BB MEDAN TAHUN 2019)

Sekar Anggraini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui Pasien BPJS Pulang Atas Permintaan Sendiri Di RS Putri Hijau Medan Tahun 2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Informan adalah pasien ruangan rawat inap, perawat ruangan rawat inap, kepala ruangan, petugas BPJS dan Wakil Direktur. Teknik pengumpulan data mengunakan observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian ini mendapatkan bahwa banyaknya pasien PAPS di RS Putri Hijau Medan karena keinginan pribadi.  SOP mengenai pasien PAPS di RS Putri Hijau Medan sudah sesuai dengan peraturan BPJS. Dampak pasien BPJS yang PAPS bagi rumah sakit akan menumbulkan opini dan pendapat masyarakat bahwa pelayanan yang diberikan Rumah Sakit tidak baik serta dan juga akan menyebabkan penurunan pendapatan rumah sakit. Kebijakan yang di ambil oleh kepada Rumah Sakit adalah memberikan arahan agar seluruh staf RS harus bekerja sesuai dengan standar profesi dan memeberikan pelatihan untuk menangani pasien yang meminta untuk PAPS dengan harapan pasien mangerti tahapan PAPS dan juga mengurangi tingginya PAPS yang terjadi di RS Putri Hijau

 

Kata Kunci: Pasien, BPJS, PAPS.


Full Text:

PDF

References


Afrizal, 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Anjaryani,WD, 2009. Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan

Perawat di RSUD Tugurejo Semarang,Thesis, Jurnal Kesehatan

Masyarakat

Armand, D. 2014. Analisis Persepsi Keputusan Pasien Pulang Atas Ermintaan Sendiri (PAPS) Terhadap Mutu Pelayanan Dan Kepuasan Di Ruang Rawat Inap VIP RSUD Deli Serdang Tahun 2014. Tesis. Universitas Sumatera Utara

Cahyaningsih, Dwi Noor, 2010. Karakteristik Pasien Pulang Atas Permintaan

Sendiri di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar Jurnal

Kesehatan, ISSN 1979-9551, VOL. IV, NO. 2,

Departemen Kesehatan RI, 2010. Direktorat Jendral Bina pelayanan Medik

Standar Minimal Pelayanan Rumah Sakit. Jakarta

Juliansyah, N. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta : Kencana.

Kementrian Kesehatan RI. 2013. Bahan Paparan Jaminan Kesehatan Nasional dan Sistem Jaminan Sosial Nasional. Jakarta

Machfoedz, I. 2016. Metodo Penelitian Kualitatif. Jakarta : Fitramaya.

Moleong, Lexy J, 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Myrnawati, CH. 2018. Metodologi Penelitian Untuk Pemula. Jakarta : Pustakapedia.

Nofiyanto, Eko, 2013. Perbedaan Sehat-Sakit Pasien Menjadi Alasan Utama

Kejadian Pulang Paksa. Jurnal Kedokteran Brawijaya, Vol. 28,

Suplemen No. 1

Notoatmodjo, S. 2010. Ilmu Pengetahuan Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Pelayana Publik. Cet.I. FPPM, Jakarta

Peraturan BPJS Nomor 1 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan

Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2013 tentang Jaminan Kesehatan Nasional

Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presidan Nomor 12 Tahun 2013 Tentang Jaminan Kesehatan Nasional

Riset Kesehatan Dasar, 2013. Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI

Rosita, S. 2014. Pengaruh Faktor Predisposing, Enabling Dan Needs Terhadap Keputusan Pasien Untuk Pulang Atas Permintaan Sendiri (PAPS) Di RSUD. DR. H.Yuliddin Away Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan Tahun 2014

Sudigdo, Sastroasmoro. 2014. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Klinis Edisi ke-5. Jakarta: Sagung Seto.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Sukirman, Wibowo A, 2006. Merumuskan Konsep dan Partisipasi Warga dalam

Thenie, Heri. Persepsi Pasien Pulang Paksa Terhadap Pelayanan Rumah Sakit Di Rumah Sakit Umum Daerah Karawang (Tesis). Universitas Indonesia. Depok; 2002


Refbacks

  • There are currently no refbacks.