THE EFFECT OF WARM COMPRESS AND MASSAGE AGAINST THE PAIN OF LABOR STAGE II IN THE PRACTICE OF BIDAN MANDIRI BIDA (PMB) DEBY KECAMATAN MEDAN AMPLAS

Riska Susanti Pasaribu

Abstract


ABSTRAK

Latara Belakang

Persalinan merupakan Proses pengeluaran janin yang terjadi pada kehamilan cukup ( 37-42 minggu ) lahir spontan dengan presentasi belakang kepala yang berlangsung dalam 18 jam tanpa komplikasi  baik ibu maupaun janin. Persalinan dapat menimbulkan trauma pada ibu karena nyeri yang dialaminya. Beberapa ibu bahkan ada yang trauma untuk hamil dan melahirkan lagi karena takut akan mengalami nyeri yang sama. Bagi ibu yang pernah melahirkan, nyeri persalinan merupakan nyeri yang paling menyakitkan  apalagi bagi ibu yang baru pertama kali merasakannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan pengetahuan lebih dan memahami pelaksanaan Pengaruh Kompres Hangat dan Massage Punggung terhadap pengurangan rasa nyeri persalinan Kala II. Metode Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dan desain yang digunakan adalah desain penelitian dimana subjek eksperimen pada kelas eksperimen dan kelas control tidak dipilih secara acak,  dengan menggunakan pendekatan one group post test without control orang. Hasil Uji wilcoxon didapatkan hasil Zhitung -5,069 dan Ztabel adalah 1,69 dengan taraf signifikan 5% sehingga Zhitung ≤ Ztabel dan diperoleh nilai sig. p value 0,000 dengan taraf signifikan 5% dan dapat disimpulkan sig. p value ≤ 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan demikian dikatakan ada pengaruh pemberian kompres hangat dan massage punggung terhadap Pengurangan rasa nyeri persalinan kala II. Kesimpulan Ada pengaruh pemberian kompres hangat dan massage punggung terhadap Pengurangan rasa nyeri persalinan kala II dengan nilai sig. p value 0,000 dengan taraf signifikan 5% dan dapat disimpulkan sig. p value ≤ 0,05. 

Kata kunci : Kompres hangat, Massasse Punggung, Nyeri Persalinan

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Bobak. 2015. Keperawatan Maternitas. Alih Bahasa: Wijayarini. A. M. Jakarta: EGC.

Danuatmaja Bonny, Meiliasari Mila. 2015. Persalinan Normal Tanpa Rasa Sakit.Jakarta : Puspa Swara.

Maryunani, A. 2016. Nyeri Dalam Pesalinan ( Teknik dan Cara Penanganannya ). Jakarta : Trans Info Media.

Oktasari G, Misrawati, Utami GT. 2015. Perbandingan efektivitas kompres hangat dan kompres dingin terhadap penurunan dismenorea pada remaja putri.JOM.;1(1):1-8

Perry dan Potter. 2016. Fundamental Keperawatan, Edisi 4, EGC, Jakarta.

Potter, P.A dan Perry, A.G. 2015. Bukuajar Fundamental Keperawatan : Konsep, Proses, dan Praktik Volume 1. Ed. 4 .Jakarta : Penebit Buku Kedokteran EGC.

Yani DP, Khasanah U.2016. Pengaruh pemberian kompres air hangat terhadap rasa nyaman dalam proses persalinan kala I fase aktif. J UNIPDU. (http://www.journal.unipdu.ac.id) 1 (2)

Yani DP, Khasanah U.2016. Pengaruh pemberian kompres air hangat terhadap rasa nyaman dalam proses persalinan kala I fase aktif. J UNIPDU. (http://www.journal.unipdu.ac.id) 1 (2)

Yesie Aprillia. 2015. Hipnostetri :Rileks, Nyaman dan Aman Saat Hamil dan Melahirkan. Jakarta: Gagas Medi.

Yuliatun, Laily.2018. Penanganan Nyeri Persalinan Dengan Metode Nonfarmakologi

Varney H, Kriebs MJ, Gegor CL.2016. Buku ajar asuhan kebidanan. 4th ed. Jakarta: EGC.

Wahyuni, Intan Dewi. 2014.Pengaruh Pemberian Kompres Hangat Terhadap Penurunan Skala Nyeri Pada Ibu Bersalin Di RB. Ananda Desa Jabon Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto. http://repository.poltekkesmajapah it.ac.id/index.php/PUBKEB/article /view/236. Diakses pada tanggal 18 Mei 2020.

Albin. 2015. Persallinan . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto.2015. Konseling Menurunkan tingkat kecemasan pada wanita hamil.

Mikhael.2017. Hubungan Faktor-faktor tingkat kecemadan dalam kesehatan Ibu bersalin Diunduh pada http:// perpus.fkik.uinjkt.ac.id.

Okkon. 2017. ”persalinan”. Jakarta: Erlangga.

Wakgari. 2015. Tahap-tahap Persalinan. Yogyakarta : Rineke Cipta

Zulkarnain (2018).Panduan pelaksanaan penelitian social. Perdana Publish


Refbacks

  • There are currently no refbacks.