Faktor – Faktor Yang Memengaruhi Persepsi Ibu Hamil Tentang Nyeri Persalinan Di Klinik Pratama Khadijah Medan

Authors

  • Desi Handayani Lubis Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Flora, Medan, Indonesia
  • Laurena Ginting Universitas Negeri Medan
  • Nurhaida Kaban Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Flora, Medan, Indonesia

Abstract

ABSTRAK

Salah satu strategi yang diluncurkan oleh World Health Organization mengurangi kematian dan kesakitan ibu hamil dan bersalin serta bayinya adalah Making Pregnancy Safer (MPS) dengan adanya strategi ini diharapkan bahwa dalam setiap persalinan, akan terjadi persalinan yang berlangsung aman, bayi dilahirkan hidup sehat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor yang memengaruhi persepsi ibu hamil tentang nyeri persalinan di Klinik Pratama Hadijah Medan.

Desain penelitian yang digunakan adalah Deskkriptif Analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Jumlah populasi 270 ibu hamil dengan sampel sebanyak 73 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan uji realibitas. Metode analisa data dengan menggunakan Chi square test dengan derajat kepercayaan 95%.

Hasil penelitian menunjukkan responden berada pada umur 31 - 35 tahun (49,3%), dan sebagian besar responden memiliki budaya / suku jawa yaitu 18 orang (24,7%). Paritas <2 sebanyak 41 orang (56,2) .Emosi psikologis, mayoritas sedang sebanyak 36 orang (49,3%). Berdasarkan penelitian ada pengaruh paritas dan emosi psikologis dengan persepsi pasien di Klinik Pratama Hadijah Medan. Variabel umur dan budaya tidak berpengaruh terhadap persepsi pasien di Klinik Pratama Hadijah Medan.

Downloads

Published

2024-05-21