Pengaruh Mobilisasi Dini Terhadap Intensitas Nyeri Pada Pasien Post Operasi Sectio Caesarea Di Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara Medan

Authors

  • Yulia Safitri Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Flora, Medan, Indonesia
  • Yaumil Fauziah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Flora, Medan, Indonesia
  • Yulia Fatma Nasution Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Flora, Medan, Indonesia

Abstract

ABSTRAK

Seorang ibu yang melahirkan bayi dengan cara operasi sectio caesarea (SC) akan mengalami rasa nyeri. Mobilisasi dini merupakan salah satu cara untuk menurunkan intensitas nyeri post operasi sectio caesarea..Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh mobilisasi dini terhadap intensitas nyeri post operasi sectio caesarea di Rsu Sundari Medan.

Rancangan penelitian menggunakan metode quasi  eksperimental dengan pendekatan one group pretest – posttest. Sampel penelitian adalah 10 ibu post operasi Sectio Caesaria di Rsu Sundari Medan, dengan teknik sampling menggunakan total sampling. Instrumen penelitian dalam mengukur intensitas nyeri numerical rating scale, sementara Instrumen mobilisasi dini menggunakan lembar checklist.

Analisis data menggunakan uji Wilcoxon.Hasil penelitian menunjukkan rata-rata intensitas nyeri nilai sebelum mobilisasi dini sebesar 6,30 dan setelah mobilisasi dini menjadi 3,50. Hasil analisis uji statistic diperoleh nilai Z score = -2,842 dengan p-value = 0,004.

Kesimpulkan ada pengaruh mobilisasi dini terhadap intensitas nyeri post operasi sectio caesarea di Rsu Sundari Medan. Oleh karena itu mobilisasi dini efektif mampu menurunkan intensitas nyeri post operasi sectio caesarea. Diharapkan bagi ibu post operasi SC dapat melakukan mobilisasi dini untuk mempercepat penurunan intensitas nyeri

 

Kata Kunci: Mobilisasi Dini, Nyeri, Post Operasi Sectio Caesarea

Downloads

Published

2024-05-21