Edukasi Keefektifan Partisipasi Suami Dalam Perawatan Kehamilan Istri sebagai Upaya Deteksi Dini Penyulit selama kehamilan di Klinik Pratama Mamavina Tahun 2023

Authors

  • siska ginting STIKes Mitra Husada Medan

Abstract

Edukasi keefketifan partisipasi suami dalam perawatan kehamilan adalah tanggung jawab pria dalam perawatan kehamilan terutam adalam pemeliharaan kesehatan dan kelangsungan hidup ibu dan anak. Edukasi Partisipasi dalam perawatan kehamilan istri masih rendah dapat disebabkan pengetahuan dan sikap suami. Tujuan pengabdian masyarakat ini untuk memberikan pendidikan kesehatan pentingnya partisipasi suami dalam perawatan kehamilan istri di Puskesmas Tuntungan. Partisipasi suami dalam kesehatan reproduksi masih rendah, hanya berkisar 1,1%, jauh dari target sebesar 2,41%. Karena itu, perlu upaya sangat keras dari pelaksana program untuk mencapai target partisipasi pria menjadi 8% di akhir tahun 2021, dalam rangka mewujudkan keluarga berkualitas tahun 2030. Partisipasi suami dalam kesehatan reproduksi, antara lain membantu mempertahankan dan meningkatkan. Diharapkan suami mencari informasi ke tenaga kesehatan tentang perawatan kehamilan supaya dapat meningkatkan partisipasi dalam perawatan kehamilan supaya proses kehamilan lancara sampai persalinan istri.Diharapkan suami mencari informasi ke tenaga kesehatan tentang perawatan kehamilan supaya dapat meningkatkan partisipasi dalam perawatan kehamilan supaya proses kehamilan lancara sampai persalinan istri.

References

Asrinah, dkk, 2017. Asuhan Kebidanan Masa Kehamilan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Azwar, S. 2012. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bobak, Lowdermilk, Jense. 2014. Buku Ajar Keperawatan Maternitas Jakarta : EGC.

Kasdu, D. 2014. Solusi Problem Persalinan. Jakarta: PuspaSwara.

Kemenkes RI, 2020. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2019. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 2020.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2020. Buku kesehatan ibu dan anak. Jakarta: Kemenkes dan JICA.

Kusmiyati., 2011. Perawatan Ibu Hamil (Asuhan Ibu Hamil) Cetakan ke-3. Yogyakarta : Penerbit Fitramaya.

Leveno, Kenneth, J., 2009. Obstetri Williams: Panduan Ringkas (Williams Manual Of Obstetrics). 21 st ed. Jakarta : EGC

Purba, F.Y. 2011. Pengaruh Pengetahuan, Kepercayaan dan Adat Istiadat terhadap Partisipasi Suami Dalam Perawatan Kehamilan Istri di Kelurahan Pintu Sona Kabupaten Samosir. Tess FKM. USU Medan

Suryati, Y., Oyoh, dan Dwijayanti, M.R. 2012. Hubungan Tingkat Pengetahuan Suami dengan Partisipasi Suami terhadap Kehamilan di Balai Pengobatan Sumber Sehat Marga Asih Kabupaten Bandung. Jurnal Kesehatan Kartika. (1-8).

Susiana, Sali. 2019. Angka Kematian Ibu: Faktor Penyebab dan Upaya Penanganannya. Vol. XI, No.24/II/Puslit/Desember/2019. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, Jakarta.

Downloads

Published

2023-08-30