Peningkatan Kompetensi Bidan Desa Dalam Pemeriksaan Triple Eliminasi Pada Ibu Hamil Diwilayah Kerja Puskesmas Pegajahan Kab. Serdang Bedagai Tahun 2023

Authors

  • basaria manurung STIKes Mitra Husada Medan

Abstract

Kompetensi Bidan adalah kemampuan yang dimiliki oleh lulusan pendidikan profesi Bidan yang meliputi pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam memberikan pelayanan kebidanan pada bayi baru lahir/neonatus, bayi, balita dan anak prasekolah, remaja, masa sebelum hamil, masa kehamilan, masa persalinan, masa pasca keguguran, masa nifas, masa antara, pelayanan keluarga berencana, masa klimakterium, kesehatan reproduksi dan seksualitas perempuan, serta keterampilan dasar praktik klinis kebidanan. Ibu hamil merupakan salah satu dari populasi yang berisiko tertular penyakit Human immunodeficiency virus (HIV), Sifilis, dan Hepatitis B pada anak lebih dari 90% tertular dari ibunya.metode dalam pengabdian ini adalah cross sectional. Kegiatan yang dilakukan dari adanya koordinasi dengan Kepala Puskesmas Pegajahan beserta perangkat dan kader masyarakat setempat tentang pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Masyarakat jika ada keluhan sehingga Peningkatan Kompetensi Bidan Desa Dalam Pemeriksaan  Triple Eliminasi Pada Ibu Hamil dapat berjalan dengan baik.saran untuk petugas kesehatan agar mengikuti pelatihan kesehatan untuk meningkatkan kompetensi Bidan Desa  dalam   Pemeriksaan  Triple Eliminasi Pada Ibu Hamil

 

References

Abdel-Daim, M. M. et al. 2015. ‘Anti-inflammatory and immunomodulatory effects of Spirulina platensis in comparison to Dunaliella salina in acetic acid-induced rat experimental colitis’, Immunopharmacology and Immunotoxicology. Informa Healthcare USA, Inc, 37(2), pp. 126–139.

Fatimah dan Nuryaningsih. (2017). Asuhan Kebidanan Kehamilan. Jakarta: Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhamadiah:Jakarta.

Gonzales. et al. 2016. Wound healing - A literature review. An Bras Dermatol. 2016;91(5):614-20

Hunt, M. G., Marx, R., Lipson, C., & Young, J. (2018). No More FOMO: Limiting Social Media. Journal of Social and Clinical Psychology, 751-768.

Jeniu, E., Widodo, D. & widiani, E., (2017). Hubungan Pengetahuan Tentang Autistik dengan Tingkat Kecemasan Orang Tua yang Memiliki Anak Autistik di Sekolah Luar Biasa Bhakti Luhur Malang. Nursing News, 2(2), pp.32-42

Kemenkes RI. 2017. Peraturan Menteri Kesehatan RI No.52 Tahun 2017 Tentang Eliminasi Penularan HIV, Sifilis, dan Hepatitis B dari Ibu ke Anak. Menkes RI, 1-36

Kemenkes RI. 2019. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2018.

Liazmi, M.C. and Mubina, J.F., 2020. Hubungan antara Sifilis dengan Human Immunodeficiency Virus (HIV)/Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS). Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 2(1), pp.25-30.

Nugroho, Fadilla Fathan Alaina. (2019). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pengetahuan Ibu Hamil tentang Hepatitis B pada Ibu Hamil di Pukesmas Kecamatan Cilincing Jakarta Utara: Poltekkes Kemenkes Jakarta, Jakarta.

Rinandari et al., 2020. Terapi Sifilis Terkini. CDK-290/ vol. 47 no. 9 th. 2020

Sinta Sasika. (2018). Ensiklopedi Penyakit Menular Dan Infeksi. Yogyakarta: Famili

Widhyasih RM, dkk. 2020. Gambaran Hasil Pemeriksaan Skrining RPR-TP rapid, Anti-HIV, dan HBsAg pada Ibu Hamil di Puskesmas Kecamatan Ciracas. Jurnal Ilmiah Analis Kesehatan 6(1) : 82-90.

Downloads

Published

2023-08-30