Pelaksanaan Asuhan Kebidanan Berkelanjutan Pada Bayi dan Ibu Nifas

Authors

  • ernamari ernamari
  • Tetti Seriati Situmorang STIKes Mitra Husada Medan
  • Eka Purnama Sari STIKes Mitra Husada Medan
  • Silina Pinem STIKes Mitra Husada Medan
  • Isyos Sari sembiring STIKes Mitra Husada Medan
  • Rosmaida Sianturi STIkes Mitra Husada Medan
  • Indra Agussamad STIKes Mitra Husada Medan

Abstract

Asuhan berkelanjutan penting dilakukan untuk menjamin tiap proses alamiah tetap berjalan dengan normal pada proses reproduksi. Proses reproduksi yang terjadi sejak kehamilan, persalinan,nifas dan bayi dapat berkembang menjadi masalah atau komplikasi setiap saat. terdapat 187 kematian ibu di Provinsi Sumatera Utara pada tahun 2020, terdiri dari 62 kematian ibu hamil, 64 kematian ibu bersallin, dan 61 kematian ibu nifas. Kematian ibu tertinggi di Sumatera Utara terdapat di kabupaten Asahan sebanyak 15 kasus, kemudia di kabupaten serdang Bedagai sebanyak 14 kasus dan di kabupaten Deli Serdang dan kota Medan yaitu sebanyak 12 kasus (Dinkes Provinsi Sumatera Utara, 2020). Kegiatan pengabdian bertujuan untuk memberikan asuhan kebidanan yang berkelanjutan kepada bayi dan ibu nifas. Asuhan Kebidanan pada neonatus (bayi) yang telah dilakukan pada bayi Ny. N  Tahun   2021 merupakan asuhan bayi normal dengan 3 kali kunjungan, usia bayi 1 hari di PMB ebby Cintya Yun, usia bayi 7 hari dan13 hari dilakukan di rumah Ny.N.  Asuhan Kebidanan nifas yang telah dilakukan Pada Ny. N Tahun   2021 merupakan asuhan masa nifas normal denagn 4 kali kunjungan, nifas hari ke-1 hingga ketiga di PMB Debby Cintya Yun dan kunjungan nifas ke-4 di rumah Ny.N. Diharapkan kepada petuaga kesehatan untuk memberi edukasi yang aktif guna kelanjutan asuhan disepanjang daur hidup reproduksi klien.

 

Kata Kunci: Asuhan Kebidanan Berkelanjutan, Bayi, Nifas

References

Dinkes Provinsi sumatera Utara (2020) Profil Kesehatan Provinsi Sumatera Utara Tahun 2020, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kementrian Kesehatan RI (2020) ‘Buku KIA Kesehatan Ibu dan Anak: Bagian Ibu’, Katalog Dalam Terbitan. Kementerian Kesehatan RI, pp. 1–38. Available at: https://kesga.kemkes.go.id/assets/file/pedoman/Buku KIA Revisi 2020 Lengkap.Pdf%0ahttps://Kesga.Kemkes.Go.Id/Assets/File/Pedoman/Buku Kia Tahun 2020 Bagian Ibu.pdf.

KemnekesRI,2020, Profil Kesehatan Indonesia

https://pusdatin.kemkes.go.id/resources/download/pusdatin/profil-kesehatan-indonesia/Profil-Kesehatan-indonesia-2019.pdf

Keputusan Menteri Kesehatan RI No.938/Menkes/SK/VIII/2007.

Manuaba, Ida A.C. (2013) Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan, dan KB untuk. Pendidikan Bidan. Jakarta: EGC.

Prawirohardjo,S. (2016) Ilmu kebidanan Sarwono Prawirohardjo. Edisi keem. Jakarta: Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

Rahayu, S & Prijatni, I. . (2016) Modul Bahan Ajar Cetak Kebidanan Praktikum Kesehatan Reproduksi Dan Keluarga Berencana. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Varney,H. (2014) Buku Ajar Asuhan Kebidanan Vol. 2. Jakarta: EGC.

Walyani, E. S. (2015) Asuhan Kebidanan pada Kehamilan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Yuliana 2019, Asuhan Kebidanan Berkelanjutan Pda Ny.E.S Umur 25 tahun G1P0A0 Uk 36 Minggu janin tunggal, hidup, letak kepala intrauterin, dengan kehamilan normal di Puskesmas Ndetundora Periode 20 April s/d 27 Juni 2019, http://repository.poltekeskupang.ac.id/1429/

Downloads

Published

2023-08-29