PENDAMPINGAN LANSIA DALAM MENJAGA KESEHATAN FISIK DI KELURAHAN SIMALINGKAR B KECAMATAN MEDAN TUNTUNGAN TAHUN 2021

Authors

  • Indra Agussamad STIKes Mitra Husada Medan
  • Eva Ratna Dewi STIKes Mitra Husada Medan
  • Ingka Kristina Pangaribuan STIKes Mitra Husada Medan
  • Diana Viranty Surbakti STIKes Mitra Husada Medan
  • Aganes Anastasia Napitu STIKes Mitra Husada Medan
  • Lilis Hartati Berutu STIKes Mitra Husada Medan

Abstract

Latar Belakang : Pemeriksaan kesehatan secara rutin dan olahraga yang baik dapat menjaga kesehatan lansia agar tidak terjadi penurunan yang drastis. Pemeriksaan kesehatan rutin bertujuan untuk mengontrol kesehatan lansia secara berkala agar dapat mengetahui apa yang terjadi. Kendala yang ditemui pada kelompok mitra adalah kurangnya kesadaran lansia dalam menjaga kesehatan karena kesibukan pekerjaan dan aktivitas lainnya. Keluaran: peningkatan pengetahuan kelompok mitra tentang kesehatan dan cara melindunginya. Metode: penyuluhan kesehatan, pemeriksaan kesehatan rutin, terapi dan olahraga untuk menjaga kesehatan lansia. Hasil : setelah penyuluhan dan pendampingan kesehatan sebelum dan sesudah pemberian informasi pengetahuan meningkat. Sebelum penyuluhan pengetahuan lansia tentang gangguan osteoarthritis sebesar 32% dan low back pain sebesar 36%. Setelah diberikan penyuluhan terjadi peningkatan sebesar 64% pengetahuan tentang gangguan osteoarthritis dan sebesar 72% pengetahuan tentang gangguan low back pain. Simpulan: adanya peningkatan pengetahuan pada lansia tentang gangguan osteoarthritis dan low back pain.

 

References

Arovah, N. I. 2016. Fisioterapi Olahraga. EGC. Jakarta.

Fatmah. 2010. Gizi Usia Lanjut. Cetakan Pertama. Erlangga. Jakarta.

Idyan. (2008). Hubungan Lama Duduk saat Perkuliahan dengan Keluhan Low Back Pain. Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI).

Avaiablerom:http://www. innappni.or.id/index.php/includes/index.php?name=News&file=print&sid=130 diaksespada tangal 3 Oktober 2015.

Kusnanto., R. Indarwati, dan N. Mufidah. 2007. Peningkatan Stabilitas Postural lansia melalui Balance Exercise. Media Ners 1(2): 59-68.

Leni, A.S.M., dan E. Triyono. 2018. Perkembangan Usia Mempengaruhi Kekuatan Otot Punggungpada Orang Dewasa Usia 40-60 Tahun. Jurnal Gaster 16 (1): 1-5.

Megan, Johnston. (2008). Participation of Elderly in Cardiac Rehabilitation: Exercise Considerationfor the Elderly. Current Issue in Cardiac Rehabilitation and Prevention, Vol.16, No.3: 1-3.

Mujianto. 2013. Cara Cepat Mengatasi 10 Besar Kasus Muskuloskeletal dalam Praktirk KlinikFisioterapi. Cetakan Pertama. Trans Info Media: Jakarta.

Pribadi, A. 2015. Pelatihan Aerobik untuk Kebugaran Paru Jantung bagi Lansia. Jurnal OlahragaPrestasi 11 (2): 64-76.

Wahdini. 2013. Pengaruh Penyuluhan Oleh Tenaga Pelaksana Gizi dengan Metode Ceramah DisertaiMedia Poster dan Leaflet Terhadap Perilaku Ibu dan Pertumbuhan BalitaGizi Kurang di Kecamatan Tanjung Beringin,(online), Skripsi, http://repository.usu.ac.id/handle/12346789/24068, 1 Februari 2019 (14.00).

Downloads

Published

2023-08-30